Tips Efektif untuk Maintenance Access Door

maintenance access door

Meskipun ada beberapa jenis sistem kontrol akses pintu yang terbuat dari material yang kokoh, namun tidak berarti jika kita tak perlu melakukan maintenance access door. Ada saatnya beberapa komponen dari sistem kontrol akses akan mengalami penurunan kualitas. Baik itu pembaca kartu nya mengalami gangguan atau di bagian sistem tersebut terdapat celah atau goresan. Mereka mungkin dapat terlihat oleh mata kita. Namun bagaimana dengan bagian lain yang luput dari perhatian kita? Oleh karena itu, anda masih perlu untuk melalukan pemeliharaan dengan mengikuti beberapa tips efektif ini.

  1. Amati Mekanisme Sistem Akses Kontrol Anda

Mengamati mekanisme sistem akses kontrol anda menjadi langkah pertama saat maintenance access door. Anda benar-benar perlu untuk meluangkan waktu untuk memeriksa perangkat. Periksalah apakah ada kerusakan pada kabel, layar, pembaca kartu, dan lainnya. Untuk mempermudah maintenance, buatlah daftar setiap komponen yang berada di semua titik akses di rumah maupun bangunan lainnya. Catat apa saja yang dapat menghambat kinerja sistem untuk proses verifikasi. Anda juga dapat membuat jadwal pengecheckan secara teratur.

  1. Pastikan Semua Perangkat Entri dan Sistem Kontrol Memiliki Daya

Perangkat entri dan sistem kontrol utama menjadi fokus selanjutnya saat melakukan maintenance access door. Pastikan bahwa semua koneksi aman dan berjalan seperti sebelumnya. Hal ini juga berlaku pada semua perangkat entri. Apabila ada baterai cadangan, jangan melewatkan bagian ini untuk diperiksa. Anda perlu untuk mengetahui bahwa tanpa adanya daya, sistem kontrol yang terpasang tidak akan berguna. Oleh karena itu, jangan biarkan sistem kontrol dalam keadaan mati.

  1. Persiapkan Pembersih Komponen

Untuk memaksimalkan maintenance, anda perlu mempersiapkan pembersih komponen. Tak hanya membersihkan rumah atau mobil saja, anda juga perlu untuk memperhatikan kebersihan dari sistem kontrol akses pintu. Seperti yang sudah kita bahas di poin pertama, akan ada beberapa penghambat yang mungkin terjadi termasuk debu atau noda. Anda hanya perlu untuk membersihkan sistem tersebut dengan baik dengan kain bersih. Apabila ingin sistem kontrol bekerja secara optimal, anda perlu untuk meminyaki kunci pintu. Ini akan menghindarkan anda dari kunci yang macet atau tidak segera terbuka.

  1. Jangan Lupakan Maintenance Perangkat Lunak

Apabila sistem akses kontrol tidak berbasis cloud, anda dapat memastikan bahwa semua perangkat lunak sudah diperbaharui. Jangan sampai melupakan perangkat lunak karena ini menjadi salah satu bagian dari kontrol akses. Meskipun perangkat lunak tersebut dapat disetting untuk melakukan pembaharuan secara otomatis, namun kita masih perlu untuk melakukan pemeriksaan. Apalagi jika sistem kontrol digunakan dalam waktu yang lama dengan database yang penuh karena ada tambahan orang-orang baru. Periksa juga apakah semua pengguna memiliki izin yang sesuai. Untuk menghindari penyerangan sistem, jangan sampai lupa untuk menghapus izin kontrol akses pengguna jika sudah tidak diperlukan lagi.

  1. Gunakan Jasa Profesional untuk Melakukan Inspeksi

Apabila anda merasa sudah melalukan maintenance secara berkala namun ada saja masalah yang terjadi, anda perlu untuk menggunakan jasa profesional. Anda tidak perlu melakukannya setiap bulan karena memerlukan persiapan budget yang mungkin akan merubah pengeluaran anda setiap bulannya. Lakukanlah maintenance access door setahun sekali untuk memastikan jika semuanya beroperasi dengan baik.

Jika anda memerlukan bantuan, anda dapat menghubungi jasa pemasangan access door. Anda dapat berkonsultasi mengenai apa saja yang perlu dilakukan untuk pemeliharaan akses pintu. ION Access Door memiliki pengalaman dalam pemasangan akses pintu. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu mengenai produk apa saja yang tepat agar anda dapat melakukan maintenance secara tepat.