Tipe Pembaca Akses Kontrol untuk Kunci Pintu Elektronik

pembaca akses kontrol

Memanfaatkan sistem keamanan berteknologi tinggi menjadi pilihan yang tepat untuk gaya hidup  modern. Membuka dan menutup pintu tidak lagi sulit karena tersedianya kunci elektronik yang dapat dilakukan dari jarak jauh. Namun anda perlu mengetahui apa saja opsi tipe pembaca akses kontrol. Perangkat entri sistem akses kontrol merupakan salah satu kategori utama yang tersedia pada kunci pintu elektronik. Perangkat ini merupakan metode akses yang digunakan di sistem ini. Dari banyaknya tipe pembaca kontrol akses, ada tiga opsi utama yang mungkin cocok untuk bagunan anda.

  1. Pembaca Kontrol Akses Keypad

Papan angka atau keypad menjadi pembaca kontrol akses yang  memerlukan kode tertentu pada sistem. Verifikasi kode akan dilakukan sesuai dengan database sistem. Bagi anda yang ingin menggunakan kunci pintu elektronik yang lebih terjangkau, pilihan ini tepat untuk anda. Namun ada beberapa hal yang harus anda pikirkan karena penggunaan kode memiliki kekurangan seperti mudah terlupakan maupun dicuri orang lain. Selain itu, memerlukan waktu yang lebih lama untuk membuka pintu dengan tipe keypad ini.

  1. Pembaca Kontrol Akses Biometrik

Sesuai dengan namanya, pembaca kontrol akses biometrik menggunakan bagian tubuh untuk mengidentifikasi kredensial. Sidik jari, telapak tangan, dan pemindaian iris mata merupakan contoh yang umumnya digunakan. Namun jika dibandingkan dengan opsi sebelumnya, anda perlu untuk mengeluarkan budget yang lebih mahal. Jenis pembaca ini terdiri dari panel sentuh yang memiliki peran untuk meletakkan ibu jari maupun seluruh tangan. Untuk proses pemindaian, sidik jari akan diidentifikasi dan dibandingkan dengan sidik jari yang sudah tersimpan pada database sistem.

Meskipun terlihat sangat canggih, namun pembaca ini juga memiliki kekurangan. Identifikasi orang asing yang memiliki kepentingan untuk masuk ke dalam ruangan akan menjadi sulit karena sifat kekhususan dari jenis ini. Jika ingin menggunakan pembaca kontrol akses ini, pastikan sesuai dengan kebutuhan. Jenis ini tidak terlalu cocok untuk tempat seperti hotel karena akan membuat rumit untuk pencabutan akses. Akan lebih efektif lagi jika anda menggunakan reader ini untuk tempat yang perlu keamanan extra seperti ruang server.

  1. Pembaca Kontrol Akses RFID

RFID menjadi alternatif yang tepat untuk tempat seperti penginapan. Untuk mendapatkan hak akses, sistem entri menggunakan kartu kunci RFID plastik. Chip merupakan komponen yang terdapat pada kartu tersebut untuk menyimpan data yang diperlukan oleh kartu pintar atau kartu RFID magnetik. Memanfaatkan komponen frekuensi radio menjadi tujuan utama dari kedua opsi ini. Administrator database menjadi sistem utama yang memogram setiap kartu khusus setiap pemengangnya. Bagi anda yang memiliki bisnis penginapan, menggunakan kartu RFID menjadi solusi terbaik. Saat ini sudah banyak hotel yang menggunakan kartu pintar ini untuk kebutuhan kontrol akses. Namun perlu diketahui bahwa sistem ini memiliki kekurangan yaitu kartu mudah dicuri atau hilang.

Apapun tipe yang anda pilih untuk kunci pintu elektronik, pastikan bahwa sesuai dengan kebutuhan. Wujudkan keamanan rumah maupun tempat bisnis anda dengan ION Acess Door sebagai jasa pemasangan access door berkualitas. Banyak hal yang dapat anda konsultasikan mengenai sistem kontrol akses pintu yang tepat.