Sistem Absensi Karyawan yang Digunakan Saat Ini

sistem absensi karyawan

Memiliki sistem absensi karyawan merupakan suatu keharusan bagi setiap bisnis. Apalagi saat ini sangat mudah untuk menemukan produk sistem keamanan yang terbaik. Ditujang lagi dengan adanya bantuan jasa pemasangan access door. Kehadiran setiap karyawan dapat dipantau atau dilacak secara real-time. Tak hanya soal absensi saja, perusahaan juga akan lebih mudah untuk mengelola gaji dari hasil rekaman kehadiran para karyawan. Tanpa adanya sistem absensi ini, anda akan kehilangan puluhan hingga ratusan juta setiap tahunnya. Berikut ini adalah beberapa contoh sistem absensi karyawan yang umumnya di gunakan di Indonesia.

  1. Sistem Absensi Biometrik

Apakah anda sudah familiar dengan teknologi biometrik? Ini adalah salah satu teknologi yang dapat mengidentifikasi karakter fisik hingga perilaku manusia secara digital. Ada beberapa jenis pengidentifikasi fisik yang digunakan yaitu pola wajah, sidik jari, pengenalan suara, pengenalan iris, hingga geometri jari. Sedangkan untuk perilaku menggunakan pengenalan cara menulis, mengetik, berjalan, dan gerak tubuh lainnya.  Biometrik ini memiliki keterkaitan akses ke data, perangkat, dan sistem.. Dengan potensinya yang lumayan besar dalam meningkatkan keamanan perusahaan, tak heran jika sistem absensi karyawan ini sangat populer di Indonesia. Perangkat dan komputer dapat membuka kunci akses dan mendeteksi setiap pengguna.

  1. Absensi Mobile

Seiring dengan kecanggihan teknologi, hampir semua bidang memanfaatkan keberadaan internet. Semua hal lebih disukai dalam bentuk online termasuk sistem absensi karyawan. Terobosan yang lumayan terkenal semenjak tahun lalu ini sangat efisien karena karyawan dapat melakukan absensi kapanpun dan dimanapun. Pilihan ini sangat cocok digunakan apalagi bagi perusahaan yang masih menerapkan Work From Home hingga saat ini. Para karyawan dapat melakukannya dengan mudah melalui smartphone yang tersambung dengan koneksi internet. Lalu bagaimana tentang aplikasi absensinya? Kita tidak perlu mengeluarkan uang tambahan karena bisa didapatkan secara gratis dari perusahaan.

  1. Absensi Digital Menggunakan Password

Mencatat data hadir para karyawan secara manual kini sudah tak digunakan lagi. Ada pilihan absensi digital yang dapat mengolah data melalui komputer. Dengan penggunaan passoword, mereka akan menyimpan datanya masing-masing pada sistem apabila ingin melakukan absensi. Apabila dilihat dari efektifitasnya, sistem absensi karyawan ini lebih mudah dimanipulasi. Setiap karyawan masih memiliki kesempatan untuk berbagi password. Jadi, untuk keakuratannya masih perlu untuk diteliti lagi.

  1. Aplikasi Absensi Berbasis Web

Berbeda dengan absensi mobile, aplikasi absensi berbasis web ini memerlukan database berbasis cloud. Perusahaan hanya perlu untuk membuat sebuah akun yang nantinya akan dikelola oleh admin. Untuk menggunakan istem absensi jenis ini, perusahaan tidak memerlukan perangkat absensi khusus lagi. Dengan masing-masing akun khusus, karyawan dapat diapantau tingkat kehadirannya. Namun sistem jenis ini sama-sama efisiennya dengan aplikasi mobile karena bisa melakukan absensi saat berada di luar tempat kerja.

  1. Magnetic Card

Meskipun belum semua perusahaan di daerah menggunakan magnetic card. Namun opsi ini sudah umum digunakan di kota besar di Indonesia.  Data kehadiran akan secara otomatis dicatat melalu sistem. Cara kerja dari sistem absensi ini menggunakan kartu identitas yang akan dibaca oleh mesin. Apabila dibandingkan dengan memasukan password, magnetic card ini bekerja dengan lebih cepat karena kita hanya perlu menempelakan kartu tersebut ke mesin. Namun dari segi biaya, kita perlu untuk menyiapkan dana tambahan untuk sebuah kartu.

Dari beberapa jenis diatas, manakah yang anda anggap paling efektif? Apapun pilihan anda untuk menciptakan kondisi kantor yang kondusif, pastikan bahwa pemasangan mesin dilakukan dengan benar. ION Access Door merupakan ahli dalam bidang instalasi akses pintu yang dapat membantu anda untuk mewujudkannya.