Mengenal Apa itu Topologi Akses Kontrol Pintu

topologi akses kontrol pintu

Menggunakan sistem otomatis untuk membatasi  suatu ruangan dengan parameter yang diatur menjadi pertimbangan yang tepat. Anda benar-benar akan memiliki kemampuan untuk mengoperasikan hingga  mengontrol akses pintu. Namun untuk membuatnya berfungsi, harus ada topologi akses kontrol pintu. Secara sederhana, topologi ini mejelaskan bagaimana cara kunci yang berbeda pada pintu untuk berkomunikasi satu sama lain dengan komputer pusat untuk mengawasi keseluruhan sistem. Dengan adanya topologi akses kontrol pintu, anda bahkan dapat mematikan seluruh sistem saat ada ancaman hanya dari satu titik pusat saja. Inilah beberapa topologi yang umumnya digunakan.

1. Pengontrol IP (IP Controller)

Menghubungkan pintu menggunakan kabel Ethernet, LAN maupun WAN merupakan tugas dari pengontrol IP atau IP controller. Topologi ini dapat memfasilitasi komunikasi yang lebih cepat. Selain itu, anda tidak perlu lagi untuk memasang jalur baru karena topologi ini dapat menggunakan sistem komputer yang sudah ada.

2. Topologi Kontrol Akses Serial

Topologi akses kontrol pintu yang satu ini dianggap memiliki waktu respon yang singkat. Setelah anda menggesek kartu sebagai otentikasi, data yang tertera akan segera diverifikasi dan pintu akan langsung terbuka. Dalam pengaturan ini memerlukan kawat tembaga untuk menghubungkan semua pengontrol ke komputer. Kelebihan lain dari topologi ini adalah dapat menangani kabel yang sangat panjang sehingga cocok jika anda perlu menghubungkan banyak pintu ke sistem.

3. Serial Utama dengan Sub-Pengontrol

Jika dibandingkan dengan sistem pengontrol serial, topologi akses kontrol pintu ini dianggap lebih murah. Dalam sistem ini, sub-pengontrol dipasang ke setiap pintu bisa berbentuk panel. Komponen inilah yang kemudian akan menguraikan data pada kartu dan mengirimkan informasi ke komputer pusat. Bagi anda yang memiliki budget yang lebih rendah, topologi ini sangat tepat untuk anda.

4. Pengontrol Serial Utama dengan Pembaca Cerdas (Intelligent Readers)

Apa yang ada dikepala anda ketika mendengar tentang intelligent readers? Sesuai dengan namanya, teknologi ini juga dapat dimanfaatkan pada topologi akses kontrol pintu. Pengontrol serial utama dengan pembaca cerdas memiliki panel yang dapat membaca data kartu atau otentikasi elektronik lainnya di setiap pintu. Penel tersebut akan mengirimkan informasi ke computer pusat. Berbeda dengan topologi lain, jenis ini bahkan mampu bekerja saat koneksi computer pusat tidak ada. Panel memiliki peran yang sangat penting untuk membuat keputusan akses berdasarkan parameter dan jenis kartu yang sudah ditetapkan. Tentunya ini sangat ideal bagi yang menginginkan cara yang lebih aman bahkan saat tidak ada koneksi dari komputer utama.

Anda dapat berkonsultasi dengan jasa pemasangan access door untuk menentukan topologi yang paling tepat. ION Access Door menjadi solusi apabila anda ingin menggunakan akses pintu yang lebih modern dan aman. Kami memiliki jenis instalasi produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.