Lakukan Hal ini saat Kehilangan Kartu Akses Pintu

Kartu akses pintu

Dimanapun kita berada, keamanan selalu menjadi prioritas utama. Baik hunian seperti apartemen maupun penginapan seperti hotel, semua perlu untuk dijaga ketat. Kartu akses pintu menjadi salah satu metode terbaru dalam keamanan. Tipe pembaca ini sudah kita jumpai dengan mudah saat ini. Namun apabila dilihat dari sisi efisiensi, tipe pembaca kartu ini sama dengan kunci tradisional. Keduanya perlu untuk di bawa kemanapun kita pergi. Tidak heran jika kita tidak sadar bahwa kartu tersebut hilang. Jika anda mengalami masalah ini, jangan langsung panik karena masih ada beberapa solusi yang bisa dilakukan di bawah ini.

1. Telusuri Dimana Tempat Terakhir Anda Berada

Saat menyadari bahwa kartu akses tidak berada di dalam dompet maupun tas, sebaiknya segera menelusuri di tempat terakhir anda berada. Pastikan lokasi tersebut memang anda kunjungi selama paling lama 24 jam terakhir. Meskipun terdengar melelahkan, namun cara inilah yang seharusnya anda lakukan pertama kali. Tak hanya di dalam ruangan saja, namun periksa jalanan menuju ke bangunan tersebut. Selain itu, anda juga perlu untuk menanyakan kepada orang-orang disekitar anda tinggal.

2. Melaporkan Masalah kepada Pihak yang Berwenang

Apabila orang-orang disekitar tidak ada yang menemukan kartu akses tersebut, sebaiknya anda melaporkan masalah ini kepada pihak yang berwenang. Pengelola apartemen dimana anda tinggal akan memberikan laporan kehilangan untuk kemudian anda isi. Proses selanjutnya yang akan dilakukan oleh pihak managemen adalah memanfaatkan sistem keamanan yang ada seperti cctv untuk memberikan petunjuk. Selain itu, petugas keamanan juga akan dikerahkan untuk menyisir sekitar apartemen anda. Meskipun cara ini bisa langsung anda lakukan saat mendapati kartu tersebut hilang, namun kita tetap perlu untuk memastikan di lokasi terakhir dimana kita berada. Bisa jadi anda lupa untuk memasukannya kembali di dalam tas saat anda hendak meninggalkan rumah saudara atau tempat makan.

3. Meminta agar Kartu Akses Pintu segera di Blokir

Untuk mengantisipasi hal yang lebih buruk, anda dapat meminta kepada pengelola untuk memblokir kartu akses pintu. Namun cara ini tidak bisa dilakukan di semua apartemen karena kebijakannya akan berbeda. Namun anda masih tetap bisa untuk menanyakan mengenai hal ini. Siapa tahu apartemen tersebut dapat melakukan pemblokiran secara otomatis. Tetapi masalah ini akan menjadi semakin sulit apabila ternyata kartu akses tersebut ditemukan setelah anda membuat laporan kehilangan kartu akses.

4. Bagaimana dengan Duplikasi Kartu?

Anda mungkin secara berfikir untuk menduplikasi kartu. Namun apakah hal ini bisa kita lakukan dengan mudah? Sayangnya duplikasi kartu tidak bisa kita lakukan karena umumnya kartu akses dilengkapi dengan kode sistem. Lebih tidak tepat lagi jika anda menduplikasi tanpa sepengetahuan pihak berwenang di apartemen. Selain itu, ingat bahwa kartu yang diberikan memiliki jumlah yang terbatas. Penghuni biasanya mendapatkan akses ke apartemen paling banyak dua hingga kartu tergantunng unit nya. Langkah inilah yang akan mencegah orang-orang yang tidak berkepentingan untuk bebas  berada di area apartemen.

Meskipun metode ini memiliki kekurangan, namun kita masih tetap bisa menggunakannya karena setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda. Apabila anda ingin memanfaatkan kartu akses pintu, anda dapat menghubungi ION Access Door. Kami sebagai jasa pemasangan access door dapat melakukan instalasi akses pintu dengan jenis reader device ini. Hubungi kami melalui WhatsApp untuk lebih lanjut lagi.