Jenis Akses Kontrol Pintu yang Perlu Diketahui

jenis akses kontrol pintu

Sistem keamanan yang bagus dapat melindungi suatu area untuk tidak dimasuki oleh sembarangan orang. Tidak heran jika penggunaan akses kontrol pintu kini semakin dibutuhkan. Namun bagi anda yang belum pernah menggunakannya, anda dapat mengenalnya mulai dari jenis akses kontrol pintu. Ini akan memudahkan anda untuk memilih mana yang tepat ketika suatu saat ingin menggunakan jasa pemasangan access door pada hunian anda. Inilah beberapa jenis akses kontrol pintu yang perlu untuk anda ketahui.

Akses Kontrol Manual

Pengamanan titik akses tertentu dapat dilakukan dengan menggunakan akses kontrol manual. Tipe akses kontrol pintu ini sering kita temukan pada bioskop dan taman hiburan yang memerlukan tiket untuk akses masuk. Tugas utamanya adalah mengidentifikasi orang-orang yang hendak memasuki tempat tersebut dan memutuskan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Akan ada penjaga pintu yang akan mengecheck tiket menggunakan sistem akses kontrol ini.

Akses Kontrol Mekanis

Selain tipe manual, ada lagi kontrol akses mekanis yang juga digunakan untuk mengamankan titik akses. Namun jenis akses kontrol pintu yang satu ini banyak dimanfaatkan untuk rumah maupun garasi. Kunci silinder merupakan salah satu contoh umum yang memegang peran penting untuk mengamankan rumah anda. Namun jenis yang konvensional seperti ini memiliki banyak kekurangan seperti mudah berkarat atau rusak.

Sistem Akses Elektronik

Untuk yang lebih modern lagi, ada sistem akses elektronik untuk mengamankan suatu area. Umumnya jenis ini digunakan pada gedung dengan persyaratan keamanan lanjutan. Ada beberapa jenis akses yang dibutuhkan oleh sistem ini seperti kartu dan chip. Opsi ini adalah yang diperlukan untuk seseorang agar dapat membuka akses pintu. Sistem ini akan mencatat siapa saja yang telah memasuki area tersebut sekaligus kapan aktifitas itu dilakukan. Tentunya ini sangat efektif untuk membatasi satu area pada waktu dan tanggal yang ingin ditentukan. Ada dua jenis sistem akses elektronik yang dapat anda gunakan.

  1. Sistem Mandiri (Standalone Systems)

Tidak ada komponen tambahan menjadi karakteristik dari sitem kontrol akses mandiri. Semua elektronik dipasang di keypad atau reader. Sistem ini biasanya dapat kita temukan di pintu dengan tingkat keamanan yang lebih rendah seperti gedung dengan ukuran yang tidak terlalu besar tanpa pintu keluar tambahan. Dengan sistem kunci sentuh, unit mandiri mengharuskan pengguna mengetikkan kode PIN untuk mendapatkan akses.

  1. Sistem Online

Area yang lebih besar memerlukan sistem kontrol akses online untuk tujuan keamanan. Dengan akses kecepatan yang tinggi, sistem ini dihubungkan ke perangkat lunak kontrol akses hosting sistem. Akan ada pertukaran pesan secara langsung antara perangkat lunak dengan komponen. Jika anda menginginkan tingkat keamanan yang tinggi, anda dapat menggunakan sistem online ini.

Akses Kontrol Mekatronika

Ada kombinasi akeses kontrol elektronik dan mekanis yang disebut sebagai mekatronika. Tentunya akan ada proses dari sisi keduanya. Petama-tama sistem elektronik memeriksa kartu atau media lain dan apabila sudah melewatinya, kunci dapat digunakan pada kunci mekanis jika ingin membuka pintu. Kombinasi antara dua sistem ini biasanya juga digunakan di kantor, hunian pribadi, hingga ruang server.

Dari beberapa jenis akses kontrol pintu diatas, anda diharapkan lebih mengerti tentang tiap fungsinya.  Mulailah memikirkan keamanan untuk hunian atau komersial dari sekarang. Berkonsultasilah dengan produsen yang kredibel atau jasa pemasangan access door seperti kami.