Bagaimana Cara Kerja Sistem Akses Kontrol Pintu?

sistem akses kontrol

Pintu dan gerbang akses, baik besar maupun kecil yang  digunakan di rumah, tempat bisnis, dan bangunan umum bertujuan untuk mengamankan segala jenis area terlarang. Jalan masuk depan umumnya menjadi lokasi yang strategis untuk memasang akses kontrol. Oleh karena itu, sangat penting untuk menemukan mesin pintu akses yang berkualitas, efisien dan tahan lama. Hal ini akan berpengaruh terhadap cara kerja sistem akses kontrol itu sendiri, apakah maksimal atau tidak. Produk dan jasa pemasangan access door yang tepat tentunya akan mengoptimalkan setiap langkah untuk memastikan sistem akses bekerja dengan semestinya. Apabila ingin mengetahui bagaimana cara kerja sistem akses kontol, dibawah ini menjadi dasar yang perlu untuk diketahui.

5 Bagian yang Berbeda dari Sistem Kontrol Akses

Anda memerlukan sistem kontrol akses yang kuat untuk mengoordinasikan segala aktifitas di area atau bangunan.  Melaporkan potensi pelanggaran keamanan dan mencatat lalu lintas menjadi sangat penting untuk ditinjau setelahnya. Tidak peduli anda menggunakan kartu kunci atau pemindai biometrik, ini adalah apa yang harus anda ketahui pada sistem dinamis berbasis konteks. Meskipun sedikit sulit untuk dipahami, anda dapat memulainya dari komponen kontrol akses.

  1. Server

Komponen ini memiliki peran penting untuk menyimpan sekaligus mengelola daftar kredensial yang telah disetujui yang kemudian diberikan kepada setiap individu.

  1. Kredensial

Kredensial dapat berupa banyak macam yang menyimpan data, seperti kartu kunci, kode PIN, sidik jari, key fobs, hingga smartphone.

  1. Pembaca

Bagian ini mengambil kredensial yang telah dipindai dan mengubah data menjadi ID Wiegand.

  1. Panel Kontrol

Bagian ini memiliki tugas untuk membandingkan ID Wiegand dengan data yang telah tersimpan di server. Alat ini kemudian mengirimkan sinyal ke kunci pintu untuk dibuka apabila sesuai dengan kredensial.

  1. Kunci Pintu (Door Lock)

Penerimaan sinyal dari pengontrol pintu dilakukan oleh kunci pintu atau door lock. Komponen inilah yang kemudian memerintahkan agar pintu tetap terkunci atau terbuka.

Bagaimana Sistem Kontrol Akses Bekerja?

Setelah mengenal beberapa bagian yang berbeda dari sistem kontrol akses, kini saatnya anda mengetahui bagaimana cara kerja sistem akses kontrol pintu. Untuk orang yang masih awam, anda mungkin mengira bahwa cara kerja dari sistem yang digunakan cukuplah sulit. Tetapi ini bisa dijelaskan dengan konsep dasar dari sistem kendali yang tidak membingungkan.

  1. Di proses awal, kita perlu untuk mengirimkan kredensial ke pembaca yang kemudian mengirimkan data ke panel kontrol.
  2. Setelah itu, panel kontrol memiliki wewenang untuk menentukan apakah kredensial anda cocok dengan yang sudah ada di database server.
  3. Di langkah terakhir, panel kontrol akan mengirimkan sinyal untuk membuka pintu apabila kredensial cocok. Namun jika tidak, panel otomatis akan memberikan sinyal bahwa pintu akan tetap terkunci.

Setelah memahami komponen dan cara kerja sistem kontrol akses pintu, kini saatnya mempersiapkan rencana anda. Seperti yang kita ketahui, akses kontrol terbaik dipasang oleh orang yang ahli dibidangnya. Apabila anda tertarik untuk melakukan instalasi, ION Access Door dapat membantu anda sebagai pemasang akes pintu dengan teknisi yang memiliki pengalaman dibidangnya.